Pantai Indah Popoh


Pantai Indah Popoh (PIP) terletak di wilyah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lokasi PIP berada sekitar 27 km ke arah selatan dari Kota Tulungagung yang bisa di jangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Perjalanan di lalui dengan mendaki bukit-bukit di pegunungan selatan.
Dalam berwisata ke PIP dalam perjalanan kita akan melewati daerah yang hanya ada satu di Indonesia, yakni daerah Besole. Daerah ini sangat terkenal sebagai daerah pengrajin Onik batu pualam yaitu batu Marmer. Marmer hanya ada di Tulungagung, hampir semua gunung-gunung di daerah Besole Tulungagung merupakan daerah penambangan Marmer. Sehingga disini akan banyak sekali dijumpai buah tangan dari kerajinan batu marmer.

Di Pantai Indah Popoh dilengkapi dengan sarana penginapan, pasar ikan, wisata bahari dan beberapa tempat yang asyik untuk memancing. Setiap bulan Suro (Muharam) diselenggarakan Upacara "Labuh Semboyo".
Sampai sekarang, banyak orang percaya bahwa air laut dari laut selatan tempat peritirahatan Nyi Roro Kidul memiliki khasiat. Keyakinan itu pula yang mendasari di bangunnya Palereman Nyai Roro Kidul di area Padhepokan Reco Sewu. Konon air laut ini berkhasiat untuk panjang umur, awet muda, mudah mendapatkan keuntungan, sehat rukun dalam keluarga dan sebagainya.

 

Copyright © HENIQUE Blog | Powered by Blogger